April 20, 2012

Pilgubsu Diprediksi Diikuti Delapan Pasang Calon - Harian Analisa


By on 12:02

Jumlah Pemilih Pilgubsu 10 Juta Orang
Medan, (Analisa). Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) tahun 2013, diprediksi paling banyak diikuti delapan pasangan calon, masing-masing lima pasangan diusung partai politik, dan tiga pasangan dari calon perseorangan (independen).
Demikian Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut, Irham Buana Nasution SH Mhum, Senin (9/4) usai membuka rapat kerja KPU Sumut dengan KPU kabupaten/kota se-Sumut di Hotel Madani Medan.

Hadir dalam acara itu, Ketua Pelaksana acara sekaligus Sekretaris KPU Sumut Dra Hj Vita Lestari Nasution MSi, para anggota KPU Sumut, Turunan Gulo SP, Nurlela SSos, Dr Surya Perdana SH MHum, dan Rajin Sitepu SH MHum.

Irham mengatakan, jumlah calon Gubsu yang akan maju kemungkinan bisa di bawah delapan pasangan, bila terjadi koalisi parpol mendukung pasangan calon Gubsu yang akan diusung. "Kalau menggunakan alokasi kursi di DPRD Sumut yang jumlahnya mencapai 100 kursi, dan jika dibagi rata maka calon Gubsu bisa lima pasangan. Mungkin jumlah itu berkurang jika ada koalisi. Sedangkan dari calon perseorangan bisa tiga pasangan," katanya.

Masih Dipilih Rakyat

Dia juga menjelaskan, untuk pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Sumut tahun 2013 masih tetap dipilih oleh rakyat. Itu sesuai UU Pemilu 2004 yang sampai saat ini masih tetap berlaku.

"Kalaupun ada wacana, pemilihan kepala daerah dipilih oleh DPRD, masih sebatas draf usulan pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) ke DPR, dan belum dibahas," ujar Irham Buana.

Dia mengakui, masalah utama dalam pemilihan langsung adalah calon pemilih karena sampai saat ini tak ada strategi yang paling jitu. Sebab tidak ada metode yang paling ampuh untuk menjangkau seluruh potensi pemilih di daerah Sumut. Pemerintah, DPRD, dan KPU Sumut berusaha agar seluruh pemilih yang berpotensi bisa terdaftar.

Dia juga mengatakan, untuk calon pemilih pada 2013 dipastikan bertambah dibandingkan 2008 . "Tahun 2008 jumlah pemilih lebih kurang tujuh juta orang dan 2013 diprediksi sekitar sepuluh juta pemilih. Jadi data pemilih yang sebenarnya tahun 2013 baru bisa diperoleh dari Pemrovsu pada 1 Juli 2012," ucap Irham Buana.

Sementara pendaftaran calon Gubsu itu, lanjut Irham, dikelompokan menjadi dua bagian, karena untuk pertama kali di Sumut ada calon perseorangan. "Calon perseorangan syarat penyampaian dukungannya dari masyarakat dilaksanakan Oktober 2012, dan untuk parpol mengusulkan pasangan calon ke KPU Sumut pada November 2012," katanya.

Ketua tim pelaksana kegiatan Dra Hj Vita Lestari Nasution MSi menyampaikan, kegiatan itu membahas berbagai permasalahan hukum yang akan maupun yang sudah dihadapi KPU kabupaten/kota, yang telah menyelenggarakan Pemilukada dan legislatif.

"Termasuk untuk menghadapi pemilihan kepala daerah Sumatera Utara pada 2013. Jadi kalau adalah masalah-masalah hukum yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada Gubsu itu, dapat segera diselesaikan," katanya. (sug)
Pilgubsu Diprediksi Diikuti Delapan Pasang Calon - Harian Analisa

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

Template Hits

Search Wikipedia

Hasil penelusuran