Februari 24, 2012

PDIP Lirik Gus Irawan dan RE Nainggolan


By on 10:54

PDIP Lirik Gus Irawan dan RE Nainggolan

MedanBisnis – Medan. DPD PDIP Sumut mulai melirik Gus Irawan Pasaribu dan RE Nainggolan menjadi kandidat Gubsu dalam Pilgubsu, 7 Maret 2013. Dirut Bank Sumut dan mantan Sekdapropsu itu dinilai memiliki elektibilitas yang tinggi memenangkan Pilgubsu.

"Dari sejumlah balon Gubsu dan Wagubsu yang sudah muncul ke publik, kedua sosok tersebut lebih unggul dan layak bertarung di Pilgubsu. Bahkan jika keduanya dipasangkan, kita yakin akan mampu memenangkan Pilgubsu 2013," kata Plt Ketua DPD PDIP Sumut, Budiman P Nadapdap, di Gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan, Kamis (19/1).

Ketua Fraksi PDIP DPRD Sumut ini menyatakan, Gus dan RE sama-sama memiliki pengaruh massa di daerahnya masing-masing. RE Nainggolan, misalnya, punya pengaruh besar di kawasan pantai barat Sumut, seperti Taput, Tapteng, Samosir, Tobasa, Pakpak Bharat dan Humbahas.

"Sementara, Gus Irawan sangat berpengaruh di kawasan Tapanuli Bagian Selatan, yakni Tapsel, Padangsidimpuan, Madina, Palas, dan Paluta. Jika keduanya digabungkan, maka memiliki lumbung suara yang besar, ditambah Medan, Deliserdang dan kawasan pantai timur, mengingat keduanya merupakan figur pejabat yang sangat berprestasi di bidangnya masing-masing," katanya.

Untuk memuluskan jalan Gus dan RE maju sebagai calon, PDIP harus menjalin koalisi dengan partai lain guna mengumpulkan dukungan suara atau kursi minimal 15% di DPRD Sumut sebagai salah syarat bisa mengajukan pasangan calon ke KPU Sumut.

Dalam Pemilu 2009, PDIP Sumut hanya berhasil menempatkan 12 orang kadernya duduk di DPRD Sumut atau 12% dari total 100 kursi yang ada di lembaga legislatif itu. Untuk itu, PDIP membuka pintu seluas-luasnya bagi partai lain untuk bergabung, misalnya Golkar. "Mengapa tidak, jika PDIP memiliki calon yang sama dengan Golkar, maka tentu pintu koalisi akan menjadi kenyataan. Apalagi jika kedua sosok ini yang diunggulkan dan dijagokan kedua partai," katanya.

Budiman mengklaim RE Nainggolan sosok yang dekat dengan PDIP. Sedangkan Gus Irawan cenderung ke Golkar. "Jadi, jika kedua sosok ini bergabung, maka diyakini akan menjadi kekuatan besar memenangkan Pilgubsu 2013," katanya.

Tiga Syarat Dalam menetapkan pasangan calon, papar Budiman, PDIP akan melakukan penjaringan dan penyaringan balon. Penjaringan mulai dilakukan Maret 2012.

Dia menyebutkan 3 syarat utama yang harus dipenuhi para balon jika ingin menjadi calon dari PDIP. Yakni, punya komitmen menggratiskan biaya pendidikan, kesehatan dan menyelesaikan kasus tanah. "Ketiganya itu merupakan syarat wajib bagi siapa saja yang ingin dijagokan PDIP pada Pilgubsu, selain syarat-syarat lainnya," kata Budiman.

Menurutnya, ketiga syarat itu langsung menyentuh kehidupan masyarakat. Ketiganya juga merupakan prioritas atau garis perjuangan partai. "PDIP ingin agar Gubsu mendatang melaksanakan perjuangan partai," jelasnya.

Dalam proses Pilgubsu, terang Budiman, PDIP meminta semua pihak agar menciptakan suasana kondusif. Misalnya, jangan melontarkan pernyataaan bernuansa SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), serta putera/nonputera daerah, karena itu mengingkari keutuhan NKRI .
"Indonesia kan NKRI, jadi siapa saja bisa menjadi calon pemimpin daerah sepanjang dia masih warga negara Indonesia.Jadi diharapkan jangan ada pihak yang bermain dengan isu putera/nonputera daerah di pilgubsu," tegasnya. (benny pasaribu)

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

Template Hits

Search Wikipedia

Hasil penelusuran